Rabu, 22 Oktober 2014

Makrab Sikunir, Golden Sunrise.


Makrab Forhagi ke-7. Golden sunrise, dieng, wonosobo, jawatengah.
Merupakan lokasi tujuan makrab (malam keakraban) forhagi, pada tahun 2014. Yang merupakan acara rutin setiap tahunnya. Yang selalu digelar, sebagai ajang wisata tuk merasakan kehangatan kebersamaan di luar hirukpikuk kehidupan sosial nang deso. :D

Rencana acara ini sudah teragendakan sejak bulan ramadhan 1435. Berawal dari obrolan ketika hendak dan pasca tadarus bada taraweh, di ruang utama masjid nurul hidayah kayen.

Berawal dari obrolan santai, bertema makrab. Yang kala itu ada mas danang, yang belum lama juga telah melaksanakan bermalam di sikunir, dieng bersama rekan kampusnya.

Maka setelah obrolan ngalor dan ngidul, dan pertimbangan tekhnis meliputi; hari dan tanggal pelaksanaan. Diputuskan, akan dilaksanakan makrab pada tahun ini. Hari Sabtu 25 dan hari minggu 26 oktober 2014. Bertepatan dengan malam tahun baru. Malam pergantian tahun hijriyah 1435 ke tahun 1436. Atau yang sering dikatakan malam satu suro. Dalam islam adalah malam muharram. Bulan mulia, karena di dalam bulan itu banyak peristiwa Nabi dan Rosul menjalani beberapa serangkaian kejadian ajaib dan penuh hikmah.

Ditulislah agenda tersebut di kalender, dibaris bagian bawah tanggalan (di bagian catatan) oleh saya sendiri, mamat. Maksud ditulis di kalender adalah sebagai notulen, yang senantiasa mudah terlihat oleh siapapun pemirsa kalender. Karena kalender tersebut cemantel nang tembok dekat almari biffet tempat penyimpanan buku, kitab hadist, sains, sarung, rukuh dan sajadah. Ini bukan perkara sepele lho, adalah langkah kecil, dari rangkaian kegiatan, demi tersusunnya sistem atau alur yang jelas. Jadi ndak sekedar wacana / rencana tok! Namun sebagai bukti otentik, bahwa kita telah merencanakan. Kemudian mengolahnya. Mengemasnya. Hingga pelaksanaan. Semua tersusun rapi. :-)

Sikunir.
Kata mas danang, sikunir merupakan daratan berpenghuni tertinggi di jawa. Maksudnya, pemukiman tertinggi di pulau jawa. Menurut pengamatanku sih. Dari tempat ini, kita bisa menemukan beberapa puncak, pegunungan. Puncak yang menawarkan pemandangan yang tak kalah elok ketika kita melakukan pendakian. Misalkan saja, pendakian di gunung sindoro, ataupun gunung merbabu.

Di sikunir ini, kita tak perlu bersusah payah melakukan perjalanan pendakian yang ekstra. Dari pos ini ke pos itu. Dari pos inu, ke pos iti. Atau dari pos awal, hingga puncak yang ingin kita capai. Karena di sikunir ini, akses kendaraan telah memadai. Sehingga motor maupun mobil bisa mendaki menuju dekat dengan puncak. Ibarat, sikunir adalah petualangan puncak yang instan.

Harapan saya, juga kami tentunya. Semoga acara ini. Makrab ke sikunir ini lancar tak ada kendala dan halangan suatu apapun. Lancar dikala keberangkatan, lancar dikala pelaksanaan dil lokasi, dan lancar dikala kegiatan ini telah selesai. Aamiin.
Cukup Allah sebagai pelindung. Dan hanya Allah-lah sebaik-baik pelindung kami.

Berikut, sedikit orek-orek yang selalu kami sertakan kepada semua peserta makrab. Tertulis, dengan harapan para peserta mudah mengecek dan sebagai bahan pertimbangan perlengkapan yang diperlukan.

BIAYA PER PESERTA
RINCIAN TELAH DIBAGI PER PESERTA.

SEWA SLEEPING BAG  +  TENDA DOME : 10.000
TRANSPOT ( SEWA + BENSIN ) : 75.000
TPR WISATA 15.000
TOTAL 100.000

Peserta, akan mendapatkan fasilitas dari forhagi seperti :
1. Air Minum Putih (namun dianjurkan membawa lagi sendiri lebih baik, karena persediaan dari kami terbatas, 1 galon).
2. Makan Malam : sate kambing + lontong.
(dibakar di sana, telah kami siapkan penggarang, arang, + kecap)
3. Karpet / alas tidur.
4. Dokumentasi.
5. Kunjuangan tempat wisata sekitaran dieng.
6. Alat masak (mini kompor + gas, panci, nasting)
7. Telo cilembu (dari hendi).

KEBUTUHAN PERSONAL yg dianjurkan dibawa.
1. Duit
2. Identitas
3. Mantrol
3. Kupluk / penutup kepala.
4. Makanan ( mie instan sesuai kebutuhan )
5. Botol air minum plus minumannya / gelas.
6. Tempat makan / tuperware / piring dan sendok.
7. Kaos kakik / sarung tangan.
8. Jaket tebal.
9. Snack / makanan ringan dan minuman sachet.
10. Senter / penerangan.
11. Obat pribadi dan perlengkapan lain sesuai kebutuhan, seperti : powerbank, kamera jika punya, kembang api, pakaian serep, alat makeup, alat mandi etc.

Itu, sedikit periperal dan survival yang dapat kami sampaikan.
Apabila terdapat sesuatu yg kurang jelas atau ada kekurangan, silahkan tanyakan dan sampaikan kepada kami. Suwun.

Regards,

Sahabat FORHAGI
FORUM KAJIAN AHAD PAGI
Bersatu, Tumbuh, Berkembang
Kayen, Condongcatur, Depok, Sleman

18, Oktober 2014

Tidak ada komentar: