Selasa, 06 Januari 2015

Damai Indonesiaku

Islam adalah agama kedamaian. Agama rahman rahim. 

Aku akan sedikit berbagi info, atau katakan juga ilmu kalau ini bermanfaat. 
Yang tentu referensi ini kudapat dari beberapa sumber yang pernah ku baca, di berbagai artikel. 

Ketika dunia heboh dengan berita terorisme, yang mengatasnamakan identitas atau mengenakan simbol islam. Tentu saya sebagai seorang muslim cukup kecewa akan hal itu. Kenapa harus selalu mereka (yang menggunakan identitias dan simbol islam) yang melakukan berbagai tindak teror. Seperti bom bunuh diri di berbagai daerah. 

Yang saya bicarakan di Indonesia saja yaa. Seperti kejadian bom bunuh diri di jakarta - hotel marriot, bom bunuh diri di bali tahun 2004 silam, dan berbagai penggrebekan dengan drama baku tembak yang terjadi di malang mauoun di beberapa tempat di jawa tengah, yang terkenal dengan basis atau daerah persembunyian para 'teroris'.

Lagi dan lagi, mereka menggunakan identitas seorang islami, terlihat dari nama mereka apa yang disampaikan media. Entah, mereka asli islam ataupun bukan saya tak tahu. Wallahualam bisawab. Aku lantas tak mempercayai media begitu saja. Aku tak akan percaya seratus persen bahwa mereka benar-benar islam. Bisa saja ada konspirasi atau sandiwara di belakang mereka. Yang sengaja menjatuhkan image islam di mata dunia. Bahwa islam identik dengan kekerasan. Islam identik dengan teroris.

Kembali pada kalimat paling atas dalam artikel ini. Yaitu islam adalah agama kasih dan sayang. Agama rahman agama rahim. Lalu, aku akan tetap membantah bahwa islam adalah teroris. Islam bukan kekerasan. Islam adalah agama damai. Terkait berita di media, yang menyebutkan berbagai identitas dan simbol islam sebagai teroris. Aku tetap tak akan setuju. Aku tak akan mengatakan mereka islam garis keras. Aku tak mengenal akan hal itu. Tetapi aku mengenal jika islam adalah tegas. 

Indonesia, negara kepulauan dengan penduduk islam terbesar di dunia. Sungguh sebuah prestasi dan sebutan yang mengharukan. Sudah kita ketahui bersama kawan. Bahwa Islam masuk dan menyebar di Indonesia dibawa oleh PARA PEDAGANG dari tanah arab. Mereka berdagang membaur dengan para warga pribumi. Kemudian berkembang dengan masuk ke bidang kesenian. Yang kita kenal dengan Para Wali Songo.

 Dan peninggalan mereka berupa : wayang dgn cerita islami, lagu-lagu dengan makna filosofi islami seperti lir-ilir, aktivitas ritual pribumi seperti nyadran, wiwitan, sedekahan, di masuki acara berdoa dalam bahasa arab yaitu aktivitas islami. Dan masih banyak lagi jika kita niat tuk menggali peninggalan sejarah penyebaran Islam di nusantara. Karena keterbatasanku, jadi saya belum bisa menyampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Namun, jika kita lihat dan tengok lagi kawan. Bangsa manakah yang menindas rakyat Indonesia dahulu kala. Dengan penjajahan, perampokan, eksploitasi tenaga dan hasil bumi masyarakat pribumi. Menindas, dengan harus ada pertumpahan darah. Dengan berbagai alat perang seperti tank, mortir, rudal, pistol, dan masih sangat banyak lagi. Mereka adalah bangsa Belanda. Yang mana kita ketahui bersama bahwa mereka membawa paham juga beragama NON MUSLIM. 

Seolah kita sudah akan dilupakan oleh sejarah kawan. Mari berfikir sejenak. Bahwa Islam adalah agama kedamaian. Bukan agama peperangan.

Islam didakwahkan, islam di sebarkan dengan jalan baik santun, ramah. Bukan perang. Maka, siapa teroris ?!

Tidak ada komentar: